Wednesday 5 April 2017

Cara Bijak Merawat Ac Rumah Agar Awet

,
Cara Bijak Merawat Ac Rumah Agar Awet - Seperti peralatan elektronik lainnya, ac juga memerlukan sebuah perawatan, terlebih jika ac di pakai setiap hari. Perawatan pada ac bahkan harus dilakukan secara rutin, dengan penanganan yang baik dan cara yang benar. Banyak pengguna ac yang tidak memperhatikan kebersihan ac mereka, menganggap jika ac masih dingin maka ac tidak memerlukan perawatan, padahal kebersihan ac sangat berpengaruh pada sistem kerja ac.


Banyak kasus kerusakan terjadi karena disebabkan oleh kondisi ac yang sangat kotor, mereka lupa bahwa kondisi ac yang kotor dapat membuat kerja ac semakin berat, mudah panas, bahkan dapat menutup hembusan sirkulasi angin yang keluar dari unit ac. Jika sudah begini, maka biasanya ac akan mudah rusak.

Baca : pentingnya service berkala untuk ac rumah anda

Berikut ini kami tulis beberapa hal yang perlu di perhatikan agar ac rumah anda lebih awet, jangan pernah menyepelekan perawwatan ac, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kinerja ac rumah anda.

1. Cuci Ac 3 Bulan Sekali



Salah satu perawatan yang di perlukan ac adalah melakukan pencucian minimal 3 bulan sekali, anda bisa meminta bantuan kepada tukang service ac yang telah berpengalaman.Namun jika anda ingin mencuci ac sendiri, maka silahkan baca tulisan : tips membersihkan sendiri ac rumah.

2. Cuci Filter Ac 2 Minggu sekali



Perhatikan juga filter pada ac, anda bisa melakukan pembersihan filter ac minimal 2 minggu sekali, ini di lakukan agar unit indoor ac tidak terlalu kotor, mengingat filter ac berfungsi sebagai tempat menyaring debu dan kotoran.

3. Cuci Outdoor Ac Sebulan Sekali



Jika outdoor ac mudah di jangkau, baiknya anda melakukan pencucian pada outdoor ac minimal 1 bulan sekali, ketika kondisi outdoor bersih, maka kerja mesin ac akan semakin ringan, yang perlu anda lakukan hanya menyiapkan selang yang dipasang kekeran, dan langsung semprot outdoor anda pada bagian kipas dan kondesor belakang. Namun untuk ac berjenis inverter, sebaiknya berhati-hati untuk melakukan pencucian.

4. Perhatikan Ruangan



Ruangan yang terbuka akan membuat kerja ac semakin berat, pastikan ruangan tertutup dengan rapat. Pilih PK ac yang sesaui dengan luas ruangan, anda bisa bertanya kepada penjual mengenai PK ac pada saat membeli ac. Jangan biarkan ruangan sering terbuka, pastikan juga celah pada kamar sudah tertutup rapat, seperti celah jendela, pintu, dan plafon.

5. Cek Freon Ac Anda



Pengecekan freon baiknya di lakukan setiap 6 bulan sekali, karena kekurangan freon akan sangat mengganggu sistem kerja ac. Jika freon berkurang maka dapat di pastikan bahwa ac anda mengalami kebocoran instalasi, segera perbaiki dan lakukanlah pengisian freon.

Selain merawat ac, sebaiknya anda juga perlu memperhatikan cara penggunaanya, seperti setelan remot dan jangan pernah menumpuk colokan ac dengan yang lain, hindarilah penumpukan colokan pada ac. Saya sendiri pernah membuat artikel mengenai " hindari penumpukan colokan pada ac dan kulkas " anda bisa membacanya.

Selalu perhatikan penggunaan ac anda dan perawatannya, ini diperlukan agar ac rumah anda lebih awet dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat.

0 comments to “Cara Bijak Merawat Ac Rumah Agar Awet”

Post a Comment

Popular Posts