Friday 30 November 2018

Keluhan Pompa Tidak Bisa Mati Sendiri, Toren Sampai Luber

,
Keluhan Pompa Tidak Bisa Mati Sendiri, Toren Sampai Luber

Lama tidak nulis di blog ini. Kebetulan masih mengelola blog lain dengan pembahasan yang sama seperti di blog ini, yakni seputar elektronik.

Dan pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai salah satu masalah yang cukup sering di alami pengguna pompa air, yaitu keluhan pompa air tidak bisa mati sendiri hingga air di Toren atau penampungan atas meluber.

Kebanyakan instalasi air di rumah rumah pada umumnya menggunakan Toren ( penampungan air atau tonden)

Untuk sistem Toren biasanya dilengkapi pelampung radar sebagai otomatis pemutus kerja pompa air jika air di dalam Toren sudah penuh.

Sederhananya begini, ketika pompa hidup dan mengirimkan air ke Toren dan air didalamnya sudah penuh, maka radar pelampung otomatis tadi akan menghentikan kerja pompa air.

Walaupun di lengkapi dengan sistem radar yang mampu menjaga air di penampungan agar tidak Luber, namun terkadang tetap saja sewaktu - waktu pompa tidak bisa mati dan membuat air didalam Toren menjadi luber.

Lalu jika seperti itu dimana letak permasalahannya?

Baik, berdasarkan pengalaman saya sebagai teknisi dan pernah menangani permasalahan ini maka hanya ada setidaknya dua kemungkinan.

Yang pertama adalah radar pelampung itu sudah rusak sehingga tidak berkerja mematikan pompa saat air sudah penuh.

Sedangkan yang kedua adalah disebabkan oleh putusnya kabel yang menuju instalasi radar. Kedua masalah ini sama sama akan membuat pompa air terus hidup meski volume air didalam Toren sudah penuh maksimal, dan pastinya akan membuat luber.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Jika radar pelampung rusak maka sudah tentu kamu harus menggantinya dengan yang baru. Lalu jika masalah disebabkan adanya kabel yang putus, maka kamu harus menyambungnya.

Khusus kabel, terkadang terjadi putus kabel didalam sehingga akan menyulitkan proses perbaikan. Sebaiknya ganti kabel dengan yang baru, karena putusnya kabel biasanya disebabkan oleh sudah rapuhnya kabel tersebut.

Dari pada nanti akan putus lagi kan lebih baik menggantinya dengan kabel yang baru.

Sebagai tambahan, jika masalahnya pada radar pelampung. Kamu juga dapat memeriksa bandul pelampungnya. Mungkin tali bandul putus, karena beberapa kasus mengalami ini.

Jika tali bandul putus maka kamu hanya perlu menyambungnya saja. Jika sudah rapuh talinya maka menggantinya dengan tali sepatu merupakan langkah yang biasa kami (teknisi) lakukan.


1 comments:

  1. Sebaiknya ganti kabel dengan yang baru. tapi kabel yang lama kan masih ada setrumnya itu, caranya ngilangin gimana?

    ReplyDelete

Popular Posts