Thursday 16 November 2017

Penyebab Bocor Air Pada Ac Dan Cara Mudah Mengatasinya

,

Penyebab Bocor Air Pada Ac Dan Cara Mudah Mengatasinya - Salam dingin sobat , pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit  tips untuk mengatasi bocor air pada ac. Keluhan bocor atau netes air memang bukanlah sebuah keluhan ac yang dibilang berat, namun keluhan seperti ini cukup merepotkan.



Selain meniumbulkan ketidaknyamanan, kebocoran pada ac juga bukan tidak mungkin akan merusak ac, terutama jika air sampai membasahi komponen elektronik didalam ac. Terlebih jika posisi indoor ac terletak di atas barang - barang  lainnya seperti tv, kulkas, lemari, bahkan tempat tidur. Jika sudah begini maka barang yang ada di bawah ac akan terkena tetesan air ac dan membuatnya basah.

Sebenarnya apa sih penyebab dari kebocoran ac ? berikut kami jelaskan.

Kebocoran ac dapat di sebabkan oleh beberapa hal seperti kotor sehingga terdapat lendir atau kotoran yang menyumbat jalur pembuangan air. Dapat juga disebabkan oleh kurangnya freon, namun jika berhubungan dengan freon biasanya akan terlihat pembekuan es pada ac.Penyebab lainnya adalah posisi indoor ac yang miring, sehingga pembuangan air tidak berjalan lancar.

Lalu bagaimanakah penanganannya ? Berikut ini cara mengatasi keboran air pada ac.

1# Cuci Ac Secara Berkala

Perawatan ac sangat penting untuk proses pembuangan air pada ac. Dengan melakukan pencucian maka akan menguras atau membersihkan saluran pembuangan air, langkah ini merupakan cara pertama yang harus anda lakukan jika sedang mengalami kebocoran ac.

Jika ac bocor, segeralah untuk menghubungi tukang service ac, lakukan pencucian. Selain untuk mengatasi kebocoran air pada ac, melakukan perawatan ac juga sangat baik untuk kinerja ac. Ac yang service-nya dilakukan secara berkala akan terasa lebih awet dan dingin, dan pastinya bebas dari bocor air.

Baca juga  : Tips Membersihkan Sendiri Ac Rumah

2# Sedot Atau Tiup Selang Pembuangan

Cara ini hanya boleh dilakukan jika keadaan mendesak, jika kebocoran terjadi pada malam hari dan anda kesulitan untuk mencari tukang service ac, maka melakukan sedotan atau tiupan selang pembuangan ac bisa jadi sangat membantu.

Namun untuk melakukan cara ini anda perlu berhati-hati. Jangan meniup terlalu kuat sehingga air malah menyembur kedalam dan mengenai komponen elektronik, jangan juga menyedot tertalu kuat sehingga nantinya malah air atau kotoran di selang pembuangan tertelan oleh anda :)

Lakukanlah cara ini secara perlahan saja sampai air yang keluar di selang lancar, namun jika selang sebelumnya mengeluarkan air dengan lancar namun ac bocor air, maka bisa jadi penyebab kebocoran ac bukan disebabkan oleh selang yang tersumbat.

3# Mengatasi Bocor Air Yang Disebabkan Oleh Kurang Freon

Jika anda bukan tukang ac maka hal ini tidak dapat di lakukan, sebaiknya anda menghubungi penyedia jasa service ac untuk meminta bantuan kepada teknisi ac. Biasanya ac tersebut juga mengalami kebocoran instalasi, sehingga freon berkurang. Segera perbaiki kebocoran instalasi atau unit dan isi kembali freon sampai penuh.

4# Kebocoran Air Akibat Saluran Belakang Ac Tersumbat

Untuk keluhan yang disebabkan oleh tersumbatnya saluran belakang ac, maka biasanya seorang teknisi ac merekomendasikan untuk melakukan over houl atau turun indoor. Indoor yang diturunkan tersebut akan dibersihkan dibawah.

Teknisi akan membuka cassing ac dan beberapa bagian untuk di bersihkan. Sebenarnya langkah ini sangat baik untuk mengatasi kebocoran air pada ac, jika indoor turun maka proses pembersihan ac akan lebih maksimal.

Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan untuk anda, selalu lakukan pembersihan ac secara berkala agar kondisi ac anda tetap prima. Semoga tulisan "penyebab bocor air pada ac dan cara mudah mengatasinya"  dapat bermanfaat untuk anda.

0 comments to “Penyebab Bocor Air Pada Ac Dan Cara Mudah Mengatasinya”

Post a Comment

Popular Posts