Saturday 10 September 2016

Cara Menguras Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu Dengan Mudah Dan Aman

,
Cara Menguras Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu Dengan Mudah Dan Aman

Cara Menguras Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu Dengan Mudah Dan Aman

Bunga es yang menebal pada kulkas 1 pintu terbilang wajar, kerena kulkas model ini memang mengeluarkan bunga es, berbeda dengan kulkas 2 pintu no frost. Sebenarnya pada kulkas 1 pintu terdapat alat sebagai pencair es yang disebut thermostat, namun tetap saja es yang sudah menebal tidak akan mudah mencair hanya dengan alat tersebut karena proses pencairan tidak menggunakan heater (pemanas), berbeda dengan kulkas 2 pintu yang memiliki heater.
Tanpa pemanas sebenarnya menguras bunga es pada kulkas 1 pintu sangatlah mudah, namun sebagian pengguna biasanya tidak sabar menunggu samapai bunga es mencair. Malah terkadang ada yang menggunakan benda tajam untuk membersihkannya seperti pisau,gunting,dan benda tajam lainnya, yang padalahal cara tersbut sangatlah dilarang. Membersihkan bunga es dengan benda tajam akan membuat kulkas rusak, benda tajam tersebut dapat menusuk evaporator kulkas dan akan membuatnya bocor.

Berikut cara menguras bunga es pada kulkas 1 pintu dengan mudah dan aman

  1.  Mencabut colokan kulkas Atau matikan alat pengaturan suhu
  2.  Meniupkan angin ke arah bunga es
  3.  Gunakan cara pemanasan dengan hair dryer
  4.  Gunakan air panas atau hangat untuk mencairkan

I . Mencabut Colokan Atau Matikan Alat Pengatur Suhu

Berikut langkah-langkahnya:

Mencabut colokan 
  •  Anda hanya perlu mencabut colokan kulkas
  •  Keluarkan semua isi makanan
  •  Setelah itu Anda hanya perlu menunggu sampai bunga es mencair
  •  Selesai

Matikan Alat Pengaturan Suhu

lihat tanda merah untuk pengaturan suhu, terdapat tombol yang juga bisa digunakan untuk proses pencairan.
  • Keluarkan isi dari dalam kulkas
  • Putar alat pengatur suhu ke arah setelan paling kecil, hingga terdengar suara klik atau tekan di pengaturan suhu (sebagian pengaturan suhu terdapat tombol defrost) ,ketika tombol di tekan maka secara otomatis akan mematikan mesin kompresor pendingin.
  • Alat akan bekerja kembali setelah proses pencairan selesai
  • Setelah mencair semua silahkan memasukkan kembali isi yang sudah dikeluarkan tadi
II. Meniupkan angin ke arah  bunga es

Anda dapat menggunakan media angin untuk mencairkan es, bisa dengan kipas angin listrik atau kipas tangan. Caranya adalah dengan mengarahkan angin menggunakan media kipas tersebut ke bunga es. Jika dengan kipas angin listrik, Anda bisa mengarahkan kipas tersebut kearah bunga es sampai seluruh es mencair. Sebelum menggunakan cara ini, jangan lupa untuk mengeluarkn isi kulkas terlebih dahulu dan mencabut colokannya.

Baca juga : Keluhan Pintu Kulkas Yang Tidak Bisa Rapat

III. Gunakan cara pemanasan dengan hair dryer

Jika Anda memiliki hair dryer dirumah, itu bisa digunakan untuk proses pencairan bunga es. Matikan kulkas dan keluarkan isi kulkas, lalu nyalakan hair dryer dan arahkan anginnya ke arah bunga es. Tiupan hawa panas yang keluar dari hair dyer dapat dengan cepat mencairkan bunga es.

IV. Gunakan air panas atau hangat untuk mencairkan

Air panas juga bisa di manfaatkan sebagai untuk mencairkan bunga es pada kulkas, caranya adalah dengan menyiramkan air panas langsung ke permukaan es yang menebal. Namun jangan lupa untuk mematikan listrik kulkas dan mengeluarkan isinya sebelum Anda melakukan cara ini. Cara ini memang sedikit agak merepotkan, karena pasti akan membuat becek karena kita harus menyiram air panas dengan jumlah yang tidak sedikit, tergantung pada ketebalan bunga es.

Baca juga : Keluhan Penyebab Kulkas Satu Pintu Tidak Dingin



Sebagai tips mohon jangan menusukkan benda tajam ketika proses pengurasan

Demikian tadi cara menguras bunga es pada kulkas 1 pintu dengan mudah dan aman. Anda bisa menggunakan salah satu cara tadi untuk melakukan pengurasan bunga es pada kulkas, namun pastikan untuk tetap berhati-hati, terutama untuk mencabut colokan kulkas terlebih dahulu sebelum proses pengurasan. Dan setelah selesai pastikan kulkas dalam keadaan kering terlebih dahulu sebelm di hidupkan. semoga dapat bermanfaat.

0 comments to “Cara Menguras Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu Dengan Mudah Dan Aman”

Post a Comment

Popular Posts