Monday 17 October 2016

Beberapa Penyebab Terjadinya Arus Pendek Atau Konsleting Listrik

,

Beberapa Penyebab Terjadinya Arus Pendek Atau Konsleting Listrik

Salah satu penyebab kebakaran disebabkan oleh arus pendek atau konsleting listrik, pemasangan dan penggunaan listrik yang tidak sesuai disinyalir menjadi penyebabnya. Dan berikut ini beberapa penyebab terjadinya arus pendek atau konsleting listrik :


1. Pemakaian listrik tidak sesuai
Hosting Unlimited Indonesia
Maksudnya adalah memakai listrik tidak sesuai prosedur atau aturan, penggunaan listrik yang tidak hati-hati seperti  penggunaan kabel listrik, stop kontak, saklar, MCB yang tidak sesuai dengan SNI (standar). Pada beberapa kasus pemakaian kabel listrik yang tidak sesuai ukuran dapat menyebabkan kabel terbakar. Perhatikan ukuran kabel, jika penggunaan barang elektronik yang memiliki konsumsi daya diatas 100 watt, ada baiknya menggunakan ukuran kabel 2x1,5 (NYM). Jangan pernah menggunakan kabel yang ukurannya kecil untuk penggunaan barang elektronik yang memiliki watt besar.

2. Pemasangan kabel yang tidak benar

Pemasangan kabel yang tidak benar dapat menimbulkan bahaya arus pendek. Pemililitan putaran pada saat menyambung kabel yang kurang kuat menjadi hal yang paling sering memicu konsleting, lakukanlah pemasangan kabel dengan sangat hati-hati, jika penyambungan dilakukan ada baiknya memilintir kabel dengan sangat kuat, usahakan jangan ada yang kendur.


3. Penumpukan colokan

Penumpukan colokan sangat dilarang pada penggunaan listrik, terutama untuk barang elektronik yang memiliki daya besar seperti Ac, kulkas, pompa air, water heater, dan lain-lain. Dibanyak kasus ternyata penumpukan colokan menjadi sebab terjadi kebakaran paling tinggi,. Bagi anda yang sering melakukan penumpukan colokan ada baiknya merubah kebiasaan ini, ingat bahwa setiap colokan memiliki beban daya konsumsi listrik yang berbeda, jika itu disatukan maka colokan tidak akan kuat dan akan mengakibatkan lelehan karena panas, jika sudah meleleh maka biasanya akan memicu hubungan arus pendek listrik.

4. Air

Perhatikan juga faktor siraman air, terkadang kita tidak memperhatikan bahwa ada air yang mengenai listrik. Air sangat kuat sebagai penghantar listrik, jika listrik tersiram air maka akan menyebabkan arus pendek, dan hal ini akan sangat membahayakan. Jika ada atap yang bocor maka segera perbaiki, karena istalasi listrik di dalam atap rumah/plafon bisa saja terkena air dari bocoran atap tersebut, jika ini di biarkan maka akan sangat berbahaya.

5. Kabel yang sudah rapuh 

Kabel yang sudah rapuh juga bisa membuat konsleting, jika lapisan kabel mengelupas dan isi kabel (tembaga) beradu maka akan menghasilkan arus pendek yang bisa saja menimbulkan percikan api, hal ini akan berbahaya karena bisa saja menjadi penyebab kebakaran.

So ! janganlah sembarangan dalam menggunakan listrik, jadilah pengguna yang bijak demi keselamatan anda dan keluarga. Demikian tadi beberapa penyebab terjadinya arus pendek atau konsleting listrik, semoga dapat bermanfaat.

0 comments to “Beberapa Penyebab Terjadinya Arus Pendek Atau Konsleting Listrik”

Post a Comment

Popular Posts