Thursday 8 June 2017

Tips Agar Mesin Cuci Lebih Hemat Listrik

,
Tips Agar Mesin Cuci Lebih Hemat Listrik


Tips Agar Mesin Cuci lebih Hemat Listrik - Peran mesin cuci cukup membantu dalam pekerjaan rumah tangga, menggunakan mesin cuci bisa sangat meringankan beban pekerjaan khususnya dalam hal mencuci pakaian.  Namun bagaimana jika dilihat dari sudut penggunaan listriknya, apakah menggunakan mesin cuci tidak membuat tagihan listrik rumah membengkak ?

Sebenarya daya listrik pada mesin cuci tidaklah terlalu besar, tidak seperti daya listrik pada ac. Untuk konsumsi daya listrik sebenarnya dapat kita sesuaikan sendiri, tergantung dari cara pemakaian. Dan berikut ini tips agar mesin cuci lebih hemat listrik :


BEBAN CUCIAN

Beban cucian merupakan hal pertama yang harus anda perhatikan jika ingin konsumsi daya listrik pada mesin cuci lebih hemat, jangan terlalu memaksa untuk memasukkan beban cucian yang terlalu banyak ketika anda mencuci. Beban yang berlebih akan membuat kerja mesin cuci lebih berat dan inilah yang menyebabkan konsumsi daya listrik menjadi lebih besar.

DURASI PENCUCIAN

Lama untuk mencuci sebenarnya sudah dapat disesuaikan oleh mesin cuci lewat kerja timer, pilih saja durasi pencucian lebih cepat, tidak perlu terlalu lama. Jika anda khawatir cucian masih kotor karena durasi yang singkat ketika mencuci, maka anda bisa terlebih dahulu merendam pakaian beberapa menit sebelum mencuci.

JENIS PAKAIAN

Sesuaikan jenis pakaian, jangan mencampur bahan pakaian yang berbeda ketika mencuci di mesin cuci, pisahkan terlebih dahulu. Usahakan untuk mencuci pakaian dengan jenis bahan yang sama tanpa mencampurnya menjadi satu. Memasukkan jenis pakaian yang berbeda akan membuat mesin cuci bekerja lebih ekstra, terutama untuk bahan pakaian yang terbilang berat seperti bahan karet dan kulit. 

AIR 

Air juga sangat berpengaruh pada kerja mesin cuci, usahakan volume air cukup ( ini berlaku untuk mesin cuci 2 tabung ). Sesuaikan volume air, jika pakaian agak banyak maka pastikan volume air tidak sedikit. 

POSISI MESIN CUCI

Posisi mesin cuci pada permukaan lantai haruslah rata , dengan kata lain tidak boleh miring. Jika posisi tidak ideal maka akan mempengaruhi posisi tabung dalam, jika tabung miring maka kerja motor dinamo ketika berputar akan semakin berat dan inilah yang menyebabkan besarnya konsumsi daya listrik.

Demikian tadi tulisan mengenai tips agar mesin cuci lebih hemat listrik, semoga bermanfaat.

0 comments to “Tips Agar Mesin Cuci Lebih Hemat Listrik”

Post a Comment

Popular Posts