Wednesday 26 September 2018

Kerusakan Pompa Air Mendengung

,

Salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang cukup penting adalah pompa air. Kadang kala pompa di rumah mengalami masalah kerusakan, salah satunya adalah kerusakan pompa air mendengung.

Suara dengungan merupakan tanda bahwa pompa air mengalami macet atau gagal berputar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari lemahnya putaran dinamo hingga tertahanya putaran akibat bearing pompa yang sudah macet.

Untuk masalah kerusakan pompa air mendengung hal pertama yang harus di lakukan adalah memeriksa beberapa kemungkinan, perlu langkah perbaikan dengan melakukan pembongkaran pompa air.


" Kerusakan Pompa Air Mendengung


Lalu sebenarnya kenapa sih pompa air mengalami masalah ini, mari kita bahas tuntas di tulisan ini.

1. Capasitor Rusak

Capasitor pada pompa air berfungsi sebagai penggerak dinamo, alat ini membantu perputaran motor dinamo dengan memberikan dorongan atau hentakan awal. Dinamo tidak akan mampu berjalan jika capasitornya rusak. Biasanya jika capasitor rusak maka gejala awalnya adalah ketika kita menghidupkan pompa maka pompa tidak akan hidup dan hanya terdengar suara mendengung.

Lantas bagaimana mengetahui sebuah capasitor rusak ?

Anda perlu menggunakan multy tester untuk memeriksanya, posisi setelan tester pada titik micro ohm, pasang ujung kabel kedua tester pada pin soket atau kabel capasitor. Jika jarum tester bergerak dan langsung turun, maka ini mendandakan capasitor dalam keadaan baik.

Namun jika jarum tester menujukan pergerakan naik dan tidak turun maka ini mendandakan bahwa capasitor short atau rusak. Sementara jika jarum tidak bergerak sama sekali maka ini menandakan capasitor tidak hidup sama sekali.

Sebagai tambahan bahwa teknik pengukuran ini tidak dapat di lakukan dua kali dengan posisi ujung tester yang terhubung ke pin soket, jadi jika sekali pengukuran dan anda ingin mengukurnya kembali maka silahkan balik posisi ujung tester.

2. Bearing Pompa Rusak

Bearing atau umumnya disebut klaher merupakan alat untuk pegangan ass motor pada pompa. Jika bearing rusak maka putaran akan tertahan atau macet, nah jika ini terjadi maka biasanya akan membuat pompa tidak mampu berputar dan membuatnya berdengung. keluhan bearing rusak sering sekali terjadi, biasanya di awali dengan tanda - tanda sebagai berikut.

Tanda awal bearing pompa air rusak :

- Suara pompa jauh lebih kasar dari biasanya.
- Panas berlebih pada pompa air
- Ampere dinamo pompa lebih besar.

Nah jika anda merasakan perubahan suara pada pompa air dirumah anda, sebaiknya segera untuk memeriksanya, karena keluhan kerusakan bearing akan membuat kondisi pompa air anda bisa menjadi lebih buruk, beberapa kasus bahkan dapat membuat gulungan pompa air terbakar.

3. Kipas Lepas Atau Pecah

Kipas pompa yang rusak atau pecah juga dapat membuat pompa air tidak bisa berputar, jika ini terjadi maka anda perlu mengganti kipas pompa dengan yang baru. Ciri kipas yang mau rusak di awali dengan tanda mengecilnya debit air, jika sudah semakin parah maka kipas bisa pecah dan pecahan tersebut akan menyangkut di bagian dalam pompa.

Sebenarnya keluhan mendengung yang disebabkan oleh kipas pompa yang pecah relatif jarang terjadi, namun beberapa kasus tetap bisa saja terjadi, Untuk memeriksa masalah ini anda harus membuka bagian body pompa air, karena posisi kipas terdapat dibagian dalam.

Ada juga beberapa model pompa yang memiliki kipas di bagian luar, jadi kipas ini hanya berfungsi sebagai pendingin dinamo, posisinya terletak di bagain belakang pompa air.

Nah itu tadi beberapa hal yang membuat pompa air mendegung, semoga bisa sedikit membantu anda jika anda sedang mengalami permasalah ini.

0 comments to “Kerusakan Pompa Air Mendengung”

Post a Comment

Popular Posts